Media Komunitas Sebagai Media Informasi


Di era globalisasi dengan teknologi yang serba canggih saat ini, media informasi merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap individu di tengah-tengah kesibukannya. Media cetak maupun media elektronik nampaknya sama pentingnya untuk mendapatkan berita dan informasi yang akurat. Tidak hanya bagi masyarakat di negara-negara maju saja tapi juga di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Mengapa media informasi dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat? Karena media informasi merupakan sarana untuk mengetahui berbagai berita dan informasi aktual yang sedang terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tentunya, berita yang diharapkan merupakan berita yang up to date, terhangat, bermanfaat dan layak dikonsumsi masyarakat.

Di Jawa Tengah pun sudah banyak media informasi yang diterbitkan, baik media massa umum maupun media komunitas. Salah satunya yaitu Dian Sura sebagai media komunikasi Organisasi Rakyat (ORA) yang bermitra dengan UPKM/CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah.

Dian Sura hadir sejak tiga tahun yang lalu. Semua jurnalisnya berasal dari anggota dan pengurus ORA yang ada di Jawa Tengah. Para jurnalis ini tersebar di tujuh kabupaten di pantura timur, meliputi kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Demak, Blora, Rembang, dan Grobogan. Media komunitas ini terbit setiap tiga bulan sekali atau triwulanan. Isi berita memuat seputar informasi kesehatan, pertanian organik, ekonomi kerakyatan dan lain sebagainya.

Secara proporsi, muatan berita Dian Sura banyak berisi berita tentang kesehatan. Hal ini karena Dian Sura berada di bawah naungan UPKM/CD RS Bethesda yang memfokuskan diri menangani program-program kesehatan, khususnya bagi masyarakat pedesaan.

Visi lembaga yang berpusat di Yogyakarta ini yaitu tercapainya masyarakat yang sehat melalui pemahaman terhadap akar masalah dan penggunaan potensi diri secara maksimal untuk memecahkan masalah mereka tersebut. Sedangkan misinya yaitu memfasilitasi masyarakat agar mengerti permasalahan mereka dan bekerja sama untuk memecahkan permasalahan berdasarkan prioritas dan sumber daya yang ada.

Setiap terbit, Dian Sura didistribusikan ke masyarakat umum yang meliputi ORA-ORA, baik yang berada di Jawa Tengah maupun di wilayah lain, instansi pemerintah seperti Kelurahan, Kecamatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten, hingga ke Dinas Kesehatan Provinsi.

Sampai saat ini, Dian Sura dapat diterima di masyarakat dengan baik. Buktinya, banyak pembaca selalu bertanya penerbitan Dian Sura selanjutnya. Para pembaca juga senang membaca Dian Sura karena banyak informasi dan pengetahuan yang dapat diunduh dari berita-berita yang dimuat di dalamnya. Misal tentang pertanian organik, pengobatan alternatif, obat tradisional serta informasi lainnya.

Dian Sura sendiri diharapkan mampu menjadi media informasi terhangat bagi masyarakat luas, terutama di bidang kesehatan, dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca setianya. Teruslah berkarya jurnalis Dian Sura dengan memberikan tulisan-tulisan yang indah dan berguna bagi masyarakat!! (Sujono/ORA Sumber Utami)

Posted on 4 Maret 2011, in Media Komunitas. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: