Klinik Akupresur dan Akupunktur PERANTARA Telah Dibuka dan Diresmikan


Kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. Baik masalah ekonomi, keluarga, politik, pendidikan, agama, hingga masalah kesehatan. Salah satu masalah yang menjadi beban utama masyarakat saat ini yaitu masalah kesehatan.

Hidup sehat menjadi dambaan setiap orang. Meski seseorang memiliki tingkat ekonomi yang mencukupi, namun bila kesehatan tubuhnya terganggu atau sakit maka apalah arti kekayaan dalam hidupnya. Setiap hari ia hanya menghabiskan uang yang dimilikinya demi mendapatkan kesehatan yang tak kunjung datang. Jadi, bukankah lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya?

Sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan sekaligus mengobati keluhan sakit, PERANTARA (Perkumpulan Akupresuris dan Akupunturis Pantura) membuka pelayanan akupresur dan akupunktur melalui klinik pengobatan tradisional ini. Klinik yang berlokasi di Jl. Supriyadi Gang Mangga nomor 5A, desa Plangitan, Pati ini resmi dibuka pada tanggal 27 September 2010.

Seluruh akupresuris dan akupunturis anggota PERANTARA telah bersertifikat sesuai dengan kemampuannya masing-masing. PERANTARA sendiri yang bermitra dengan UPKM / CD RS Bethesda sudah mengantongi akta notaris, sementara pengadaan pelayanan akupresur dan akupunktur ini pun telah mendapatkan surat izin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Sehingga keberadaan klinik PERANTARA ini resmi dan menjadi salah satu pengobatan tradisional di kota Pati dan sekitarnya.

Motivasi para anggota PERANTARA mendirikan klinik, salah satunya adalah untuk meringankan beban masyarakat dalam menangani masalah kesehatan. Sebagaimana diketahui, pengobatan secara medis relatif mahal dan tidak terjangkau masyarakat kelas bawah. Sementara terapi akupresur maupun akupuntur selama ini dikenal lebih mudah dilakukan, aman, rasional, efektif dan murah.

Selain bertujuan untuk mencegah penyakit, akupresur dan akupuntur juga bisa mengobati penyakit. Namun PERANTARA menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan penyakit yang siap menyerang kapan dan di mana saja. Salah satunya adalah melalui terapi akupuntur dan akupresur.

Peresmian dilakukan Selamet Riyadi mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melalui pemotongan tumpeng dan pita bunga melati. Acara ini juga dihadiri Kepala Desa Plangitan serta perangkat desa, Ketua RT, utusan Puskesmas Plangitan I, anggota dan pengurus PERANTARA serta warga sekitar lokasi klinik sebagai tamu undangan.

Sebagai mitra dari PERANTARA, UPKM / CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah melalui Area Manager, Sukendri, menyatakan turut mendukung pendirian klinik ini sebagai wujud pengakuan atas eksistensi atau keberadaan pengobat tradisional, khususnya akupresur dan akupunktur. “Oleh sebab itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pati yang telah memberikan surat keterangan sebagai pengobat tradisional kepada kader akupresur dan akupunktur sehingga klinik ini bisa dibuka,” paparnya.

Menurut Sukendri, selama ini belum banyak orang yang mengenal pengobatan akupunktur atau tusuk jarum. Berbeda dengan akupresur, masyarakat Jawa umumnya lebih akrab dengan metode ini yang dikenal dengan pijat. “Jadi, meski ilmu dasarnya sama dari pengobatan tradisional Tiongkok tapi masyarakat umumnya lebih suka dengan pengobatan akupresur atau pijat,” katanya. “Namun, penusukan jarum dalam pengobatan akupunktur sebenarnya juga tidak menakutkan seperti yang dibayangkan.”

Setelah acara peresmian selesai, para tamu undangan diajak berkeliling untuk melihat ruangan klinik dan juga demplot tanaman obat tradisional di halaman belakang sekretariat UPKM/CD RS Bethesda. Tidak hanya memperkenalkan akupresur dan akupunktur, para tamu undangan pun dipersilahkan untuk merasakan pijat akupresur dan tusuk jarum akupunktur secara cuma-cuma sebagai perkenalan awal, sesuai dengan keluhan penyakit yang dirasakan.

Acara peresmian Klinik Akupresur dan Akupunktur PERANTARA ini mendapat perhatian cukup banyak warga sekitar. Selama pelayanan akupresur dan akupunktur setidaknya 50 warga telah dilayani dalam waktu 3 jam.

Selanjutnya, PERANTARA akan melayani terapi di pagi dan sore di klinik yang telah diresmikan ini. Pasien dapat berkunjung pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan sore hari pada pukul 14.00 – 19.00 WIB setiap hari Senin sampai dengan Sabtu. Diharapkan dengan berdirinya klinik PERANTARA dapat membantu masyarakat mencegah dan mengobati penyakit secara alami dan tradisional.

Silahkan berkunjung di klinik PERANTARA yang akan membantu menyembuhkan penyakit ringan maupun penyakit yang sudah kronis. Selamat menikmati terapi akupuntur dan akupresur di klinik PERANTARA. Semoga pelayanan yang diberikan memuaskan dan pulang  dengan kondisi yang sehat. (Sujono/ORA Sumber Utami)

Posted on 7 Maret 2011, in Pengobatan Tradisional. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: