SETELAH MENIKMATI AIR BERSIH, WARGA PEPE INGIN MEMBANGUN SANITASI


Dukuh Pepe merupakan bagian dari desa Prigi, kecamatan Kedung Jati, kabupaten Grobogan. Pedukuhan yang berada di tengah hutan ini berjarak sekitar 7 km dari kota kecamatan. Selain fasilitas jalan yang terjal dan berbatu serta jauh dari akses pelayanan kesehatan pemerintah, selama ini warga juga masih memiliki kendala dalam mendapatkan air bersih. Maka lengkaplah penderitaan yang dialami warga Pepe. Hanya semangat dan kegigihan wargalah membuat mereka bertahan hidup sampai sekarang.

Setiap tahunnya, terutama pada musim kemarau, warga selalu kesulitan untuk mendapatkan air bersih, baik untuk kebutuhan memasak maupun mandi dan mencuci. Satu-satunya sumber air yang masih bisa dimanfaatkan warga berada di lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk. Itu pun harus dilewati melalui jalan setapak yang berliku dan mereka rela antri berjam-jam untuk mendapatkan dua derigen air. Bukan hanya kesulitan mengakses air bersih, warga pun masih belum bisa menikmati fasilitas sanitasi yang memadai. Sungguh kondisi yang sangat memprihatinkan.

Dari keprihatinan inilah Organisasi Rakyat (ORA) Kasih Ibu mitra UPKM/CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah melakukan program sanitasi dan air bersih. Kegiatan berupa pembangunan bak air guna mempermudah masyarakat untuk mengakses air bersih serta mewujudkan lingkungan yang sehat.

Melalui program ini warga sangat terbantu dan saat musim kemarau tidak perlu lagi mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan air bersih. Mereka bisa mengambil air yang telah disediakan di bak penampungan air yang tidak jauh dari rumah mereka. Setelah adanya air bersih, selanjutnya warga diharapkan dapat membangun sarana sanitasi keluarga sehingga mereka tidak buang air besar (BAB) di sembarang tempat lagi.

Ditemukannya solusi kesulitan air bersih yang selama puluhan tahun menjadi kendala warga dusun Pepe ini merupakan satu hal yang membanggakan bagi kemajuan desa. Warga mulai paham dan peduli serta mau berusaha mewujudkan kemajuan kesehatan desa. ORA Kasih Ibu berharap semua fasilitas yang telah dibangun bisa bermanfaat dan dirawat demi kelangsungan hidup anak cucu. (Jumadi/ORA Kasih Ibu)

Posted on 7 Maret 2011, in Air Bersih dan Sanitasi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Kisah yang sangat menarik. mudah2an bisa ditiru oleh wilayah desa lain. Bahwa sebetulnya inisiasi dari desa sangat penting untuk program air bersih dan sanitasi secara swadaya

    Dewi – CD bethesda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: