Organisasi Rakyat Suka Sehat Dambakan Warganya Hidup Sehat


Desa Tambak Bulusan secara geografis terletak paling Barat dari wilayah kabupaten Demak yaitu di kecamatan Karang Tengah yang berbatasan dengan kota Semarang. Luas desa ini yang terletak di pinggiran pantai utara ini 470.047 Ha dengan jumlah penduduk 2.518 jiwa atau 778 KK.

Hampir 70 persen penduduk Tambak Bulusan memiliki mata pencaharian sebagai petani tambak. Selebihnya ada yang bekerja sebagai nelayan, buruh pabrik dan pedagang.

Di tengah hamparan tambak, warga Tambak Bulusan tetap antusias dan peduli terhadap pentingnya kesehatan. Masyarakat sadar kalau sehat itu mahal harganya. Sebab untuk mencapai hidup sehat tidaklah mudah dan tidak semua orang bisa menjalaninya.

Guna menjaga dan meningkatkan kesehatannya, masyarakat sering memanfaatkan tempat pelayanan kesehatan yang tersedia, seperti Puskesmas Pembantu (Pustu), Pos Kesehatan Desa (PKD), Posyandu dan petugas kesehatan yang membuka praktek di rumah.

Partisipasi masyarakat desa Tambak Bulusan dalam membangun kesehatan membutuhkan kader-kader kesehatan yang berkualitas. Oleh sebab itu, perlu adanya mitra dengan pihak lain untuk mendukung upaya ini.

Maka pada tanggal 7 Juni 2010, pemerintah desa, sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan warga desa Tambak Bulusan difasilitasi oleh UPKM/CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah mengadakan penilaian desa secara partisipatif melalui Participatory Rural Appraisal (PRA).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali problem-problem yang ada di desa dan potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi problem tersebut serta bentuk dukungan yang diperlukan dari pihak luar.

Beberapa problem kesehatan yang muncul di desa Tambak Bulusan antara lain banyaknya kasus TBC, sanitasi lingkungan termasuk pengelolaan sampah yang belum tertata, serta berbagai masalah penyakit yang diderita masyarakat seperti hipertensi, rematik, stroke, hepatitis, jantung, dan lain-lain.

Menurut Supanto, kader TB Paru desa Tambak Bulusan, di desanya saat ini sudah ada tiga orang yang dinyatakan positif menderita TB dan enam orang masih dalam proses pemeriksaan laboratorium.

Mengingat pentingnya penanganan problem kesehatan ini melalui peran serta masyarakat, maka peserta PRA sepakat untuk membentuk sebuah wadah organisasi dengan nama organisasi rakyat “Suka Sehat”. Terpilih sebagai ketua organisasi yaitu Hasyim dan dilengkapi dengan pengurus lainnya.

Kemitraan dengan UPKM/CD RS Bethesda ini mulai dirasakan masnfaatnya oleh warga. Pada akhir Oktober 2010 lalu, ORA Suka Sehat mengadakan kegiatan awal berupa Sosialisasi Akupresure dan pelayanan pijat akupresur kepada warga yang mengalami keluhan sakit. Pelayanan akupresur dilakukan oleh kader akupresur yaitu Sujono, Hasan Basori, Jumadi dan Sudiman.

Selain itu, warga juga diberi bekal pengetahuan tentang manfaat tanaman obat yang tumbuh di sekitar rumah warga sebagai obat tradisional. Melalui perpaduan akupresur dan pengobatan herbal ini diharapkan masyarakat dapat hidup sehat dengan biaya yang lebih ekonomis.

Melalui pemaparan tentang pentingnya mengangkat kembali pengobatan tradisional, muncul pemikiran dari warga istilah W3 yaitu Waras, Wareg dan Wasis. Waras artinya sehat jasmani dan rohani, yaitu pentingnya orang hidup sehat agar bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Demikian juga kata wareg yang artinya kenyang, yaitu kondisi cukup untuk memenuhi kebutuhan papan, sandang, dan pangan yang akan mendukung kondisi kesehatan.

Sedangkan wasis berarti terampil, cerdas dan pandai memanfaatkan situasi dengan menciptakan lapangan pekerjaan, misalnya melalui meramu obat tradisional dengan bahan herbal yang bisa memberi nilai tambah.

Materi yang disampaikan sangatlah sederhana namun memberikan makna tentang hidup sehat dan sejahtera sebagai cita-cita yang bisa diraih melalui kemandirian masyarakat sendiri.

“CD Bethesda oke banget karena sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat,” ucap Fandil, salah seorang pengurus ORA Suka Sehat. (Fandil/ORA Suka Sehat)

Posted on 8 Maret 2011, in Pemberdayaan Masyarakat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: