Penting, Mengetahui Jenis Golongan Darah


Desa Karangpasar, kecamatan Tegowanu, kabupaten Grobogan, secara ekonomi termasuk rendah dan standar kesehatan lingkungan juga kurang memadai. Hampir setiap tahun beberapa wilayah di desa ini mengalami banjir dan genangan air sulit mengalir ke sungai di sekitar. Tentu saja, dampak lebih jauh yaitu terjadi banyak penyakit yang  menyerang, seperti gatal-gatal, diare, ispa, demam berdarah, dan sebagainya.

Warga Karangpasar selalu berharap agar pemerintah dapat mengambil tindakan nyata untuk menangani genangan air yang biasanya sampai berminggu-minggu ada di sekitar rumah penduduk.

Kondisi desa Karangpasar seperti itu bukan berarti warga tinggal diam dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Melalui Organisasi Rakyat Masyarakat Karangpasar Mandiri (ORA MKM), kelompok ini melakukan berbagai kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dan juga bantuan kesehatan bagi warga korban banjir.

Kegiatan lain yang dilakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat yaitu dengan melakukan tes golongan darah. “Di daerah ini sering terjadi kebutuhan mendadak transfusi darah yang diperlukan pasien,” kata Siti Marjamah, sekretaris ORA MKM. “Bila sudah diketahui golongan darahnya, sewaktu-waktu siap untuk mendonor,” lanjutnya.

Kebutuhan darah memang tidak dapat diprediksi kapan dan seberapa banyak. Belum tentu di Palang Merah Indonesia (PMI) tersedia darah sesuai dengan golongan darah pasien. Apalagi bagi ibu-ibu yang saat melahirkan mengalami pendarahan, mereka juga perlu bantuan darah secara segera. Bila tak ada persediaan darah yang dibutuhkan  bisa berakibat fatal bagi pasien.

Tes golongan darah yang dilakukan ORA MKM sudah berlangsung dua kali. Tes yang pertama dilaksanakan tanggal 23 Maret 2009 di Sekolah Dasar Karangpasar. Jumlah peserta tes sebanyak 154 orang terdiri dari 70 siswa Sekolah Dasar, 16 ibu hamil dan 68 masyarakat umum. Tes dilakukan oleh tenaga medis dokter Iwan Setiawan dari Semarang.

Meski banyak anak yang takut saat ujung tangannya ditusuk jarum steril, namun dengan pelayanan yang humoris, akhirnya satu per satu peserta dapat dilayani sampai sore hari.

Tes golongan darah yang kedua dilaksanakan pada 16 April 2010 di rumah kepala dusun Kalitelon, desa Karangpasar. Tes dilakukan petugas laboratorium dari Puskesmas Tegowanu. Ada 64 orang yang melakukan tes golongan darah kali ini.

“Dengan adanya tes golongan darah ini masyarakat diharapkan dapat mengetahui golongan darah yang dimiliki dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan mudah untuk memberi bantuan,“ kata Siti Marjanah.

Kerjasama yang baik antara Puskesmas dan masyarakat dalam tes golongan darah ini memang sangat penting. “Karena tanpa ada kerjasama yang baik, pelayanan yang dilakukan oleh PMI saja tidak akan berhasil,” kata petugas dari Puskesmas. (Siti Marjanah/ORA MKM)

Posted on 12 Maret 2011, in Kesehatan Ibu dan Anak. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: