MERUBAH PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT JATIMUDO MELALUI WC BERGULIR


Kebiasaan MCK (mandi cuci kakus) warga desa Jatimudo, kecamatan Sulang, kabupaten Rembang, selama dua tahun ini mengalami banyak perubahan. Salah satunya, perubahan kebiasaan BAB (buang air besar) sembarangan. Dulu warga punya kebiasaan BAB di kali, kebun atau tempat lain. Kalaupun ada sarana sanitasi hanya berbentuk WC blung yang sangat tidak layak. WC dengan leher angsa hanya dimiliki warga dengan kondisi ekonomi yang baik.

Selain itu, sebelumnya desa Jatimudo juga termasuk desa yang mengalami kekurangan air bersih, terutama pada musim kemarau. Dengan segala cara, warga mencoba untuk mencari sumber air bersih. Misalnya, dengan membuat sumur gali. Kedalaman sumur minimal 20 meter baru didapatkan air yang diharapkan. Hal ini tentu saja berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan warga menjadi sangat besar. Maka air sumur ini pun hanya bisa dinikmati warga tertentu. Selain itu, sumur gali ini ternyata juga banyak yang kering pada musim kemarau.

Berkaca dari kondisi tersebut, Organisasi Rakyat Himpunan Kerukunan Petani Maju (ORA HKPM) desa Jatimudo tergerak untuk membantu masyarakat keluar dari permasalahan yang telah dialami selama bertahun-tahun.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengadakan program dana bergulir untuk pembangunan WC keluarga. Kegiatan ini dimulai pada bulan Maret 2009 melalui kerjasama dengan UPKM/CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah.

Pada tahap pertama, digulirkan dana sebesar Rp 6.000.000 yang direalisasikan kepada 4 kepala keluarga. Dana pinjaman tahap pertama bisa dikelola dengan baik sehingga pada September 2009 dikucurkan lagi dana tahap kedua sebesar Rp 6.000.000 dan disusul pada  Juni 2010 pinjaman tahap ketiga sebesar Rp 6.000.000.

Dalam pengelolaannya, ORA HKPM memberikan pinjaman tanpa bunga kepada anggota untuk pembuatan WC keluarga dengan nominal pinjaman tiap kepala keluarga sebesar Rp 1.500.000. Pinjaman ini dikembalikan ke ORA HKPM dengan cara diangsur tiap tiga bulan sekali selama 1 tahun.

Pinjaman tanpa bunga dari UPKM/CD Bethesda yang totalnya sebesar Rp 18.000.000 ini, selama kurun waktu lebih kurang 2 tahun sudah digulirkan kepada 32 kepala keluarga.

Selain program WC bergulir, ORA HKPM  berkerjasama dengan UPKM/CD RS Bethesda juga melaksanakan program pengadaan air bersih  melalui pembuatan sumur bor dan bak penampungan induk. Program tersebut dimulai pada pertengahan tahun 2010.

Program yang disambut antusias warga desa Jatimudo bertujuan agar kebutuhan air bersih masyarakat dapat tercukupi. Program pembuatan sumur bor dan bak penampungan ini menelan biaya relatif besar. Saat ini sudah bisa dinikmati 20 kepala keluarga berupa sambungan pipanisasi.

Distribusi air ke rumah warga dilakukan dengan sistem pipanisasi, sumber biaya berasal dari swadana masyarakat yang pengelolaannya dilakukan ORA HKPM. Dana swadaya tersebut berupa pembelian dan pemasangan pipa ke rumah tiap pelanggan. Sementara biaya operasional, misalnya untuk pembayaran listrik dan perawatan instalasi tiap bulan, dibebankan kepada warga sebesar maksimal Rp 15.000.

“Kedua program yang telah dilaksanakan tersebut dirasakan banyak sekali manfaatnya, baik dari segi kesehatan dan perubahan perilaku hidup masyarakat desa Jatimudo,” tutur Nyamini selaku pengurus ORA HKPM. “Kini semakin banyak warga masyarakat yang tidak BAB sembangan, tetapi di WC di rumah masing-masing,” tambahnya.

Nyamini juga menambahkan, dibalik kesuksesan program tersebut masih ada beberapa permasalahan lain berkaitan dengan kebutuhan air bersih dan WC bergulir, yaitu masih banyak warga yang belum bisa menikmati kedua program tersebut.

Ke depan, ORA HKPM ingin mewujudkan seluruh warga desa Jatimudo bisa mendapatkan akses air bersih dan mempunyai WC Keluarga, sehingga cita-cita hidup sehat bagi warga desa Jatimudo bisa cepat terwujud.

Sebuah cita-cita yang patut mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah, swasta, dan terutama warga desa Jatimudo. (ORA HKPM)

Posted on 3 April 2011, in Air Bersih dan Sanitasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: