SANITASI SEHAT MENJADI KEBUTUHAN WARGA DERAS


CLTS (Community Lit Total Sanitasion) yang dalam bahasa Indonesia berarti Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong peningkatan kesehatan lingkungan melalui ketersediaan sarana sanitasi dan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pemahaman tentang CLTS merupakan hal penting bagi warga masyarakat, karena dengan mengetahui informasi tersebut bisa menjadi salah satu tolok ukur bagi instasi pemerintah maupun organisasi masyarakat dalam rangka mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat.

Memandang pentingnya sanitasi yang baik, ORA Kelompok Tani Korban Banjir (KTKB) desa Deras pada bulan Januari 2011 berkerjasama dengan Pemerintah Desa Deras dan Tim Pembina CLTS Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan menggelar diskusi dan pemicuan atau pemetan CLTS.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui jumlah jiwa tiap keluarga dan kepemilikan jamban atau sarana sanitasi ini dihadiri 75 orang warga masyarakat dan tim Pembina dari kecamatan Kedungjati selaku narasumber.

Dalam kegiatan itu, warga masyarakat diminta membuat peta tata letak rumah masing- masing yang disertai jumlah jiwa dalam keluarga dan ketersediaan jamban di rumah itu.

Pemicuan CLTS ini berhasil memetakan sebanyak 90 rumah dari 2 RT di wilayah RW 1 Desa Deras. Dari 90 rumah didapat 30 rumah yang mempunyai WC keluarga dan 60 lainnya belum mempunyai WC keluarga.

Usai pemetaan, diadakan diskusi antara tim Pembina CLTS Kecamatan dengan warga masyarakat. Antusiasme kelihatan dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari perserta. Salah satunya pertanyaan muncul dari Romlah (37) yang menanyakan, “Mengapa rumah warga harus dibedakan antara yang mempunyai jamban dan tidak?”

Kartinah, salah satu anggota Tim CLTS Kecamatan Kedungjati, menuturkan pengelompokan dimaksudkan agar masyarakat yang belum mempunyai jamban mau membuat kontrak sosial yang berisi kapan warga sanggup membuat jamban dan kapan jamban bisa ditinjau oleh tim pemantau dari desa.

Upaya mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di masyarakat, terutama di lingkungan kecamatan Kedungjati bukanlah hal yang mudah, karena tingkat kesadaran yang relatif kurang. Hal ini ditambah kesulitan memperoleh air bersih, terutama dimusim kemarau, menjadi salah satu faktor penghambat kesuksesan program tersebut.

Namun, diharapkan warga masyarakat, terutama warga desa Deras, mampu menanamkan kebiasaan hidup sehat, misal dengan cara tidak buang air besar sembarangan dan tidak buang sampah sembarangan.

Salah satu penyebab ketidaktersediaanya WC keluarga adalah kemampuan ekonomi yang terbatas sehingga pengadaan WC keluarga tidak dapat dilakukan warga. Oleh sebab itu, bagi ORA KTKB tidaklah cukup hanya melalui proses pemicuan. Beranjak dari permasalahan tersebut ORA KTKB berkerjasama dengan UPKM/CD RS Bethesda wilayah Jawa Tengah melaksanakan program dana bergulir untuk WC keluarga.

Sejak dimulainya pengguliran pertama pada Januari 2011 baru terealisasi sebanyak 6 unit WC. Namun, melalui dana pinjaman tersebut ternyata mampu memacu minat masyarakat untuk memiliki WC di rumah masing-masing. Hal ini dibuktikan dengan adanya 50 kepala keluarga yang mendaftar WC bergulir ini. Sudah selayaknya antusiasme masyarakat ini disambut berbagai pihak, terutama pemerintah.

Masyarakat desa Deras berharap kegiatan Pemetaan CLTS tidak hanya berhenti pada perolehan data, namun juga ditindaklanjuti dengan monitoring dan program penunjang untuk membantu kemampuan menyediakan sarana sanitasi yang sehat.

Ke depan warga Desa Deras juga diharapkan mampu berperilaku hidup sehat dan tercukupi sarana penunjang kesehatanya, terutama fasilitas sanitasi yang baik dan memadai. Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang kurang sehat. Selain itu, dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk membantu warga desa Deras dalam mewujudkan desa yang sehat. (Asih/ORA KTKB).

Posted on 3 April 2011, in Air Bersih dan Sanitasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: